Halaman

Sabtu, 28 Juni 2014

Aku, Himatektro, ITS dan Bangsa

Setiap manusia entah itu individu maupun kelompok memiliki tujuan yang akan dituju selama dia hidup. Tujuan itu bisa berupa cita-cita pribadi ataupun tujuan kelompok. Meskipun semua tujuan itu terlihat berbeda, tapi sebenarnya merujuk ke satu tujuan yang sama, yaitu setiap individu atau kelompok ingin menjadi lebih baik dan bermanfaat di kemudian hari.
Saya sebagai mahasiswa teknik elektro ITS juga memiliki tujuan tersebut. Berprestasi, memiliki budi pekerti yang baik ataupun tujuan lain yang bisa meningkatkan kualitas hidup saya. Untuk mencapai tujuan saya tersebut, tentu tidak semua bisa saya raih sendiri. Kadang kala saya meminta bantuan dari keluarga dan teman-teman untuk meraih impian saya. Di jurusan teknik elektro, siapa saja yang ingin mencapai impiannya asalkan dia dengan berjuang dengan maksimal pasti akan tercapai. Ada Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (Himatektro) yang memfasilitasi semua mahasiswa yang ingin berprestasi. Mulai dari prestasi akademik dan non akademik ataupun meningkatkan kemampuan softskill dan hardskill. Semua bantuan itu diberikan oleh himatektro agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan berprestasi serta bermanfaat bagi lingkungan kita, mulai dari lingkungan yang paling dekat dengan kita, yaitu jurusan teknik elektro sendiri. Selain untuk memajukan jurusan teknik elektro, himatektro juga mengadakan kegiatan yang bekerja sama dengan himpunan mahasiswa jurusan lain. Tujuan dari kegiatan ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memperbaiki kekurangan dan memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat serta menjalin silaturahmi dengan mahasiswa jurusan lain. Dampak positif yang diterima tentu pandangan positif terhadap himatektro. Karena kegiatan yang dilaksanakan himatektro mencerminkan karakter dari mahasiswa jurusan teknik elektro sendiri. Dengan melakukan kegiatan tersebut, himatektro juga berperan memajukan ITS. ITS sendiri sebagai sebuah institut juga pasti ingin selalu lebih baik di kemudian hari. Untuk mencapai tersebut ITS tentu akan selalu berbenah, mulai dari memperbaiki kegiatan internal kampus yang diadakan ormawa seperti BEM dan HMJ hingga gencar melakukan kegiatan keluar kampus seperti bantuan langsung ke masyarakat ataupun mengadakan even dan kegiatan kompetisi untuk mahasiswa ataupun siswa.
Antara diri kita, himatektro, dan ITS memiliki hubungan. Jika kita berusaha dan terus berprestasi, maka kita akan memajukan jurusan kita, jika kita memajukan jurusan kita, tentu ITS juga turut maju. Jika ITS maju, tentu bangsa ini juga maju. Jadi jika kita ingin memajukan bangsa ini, mulailah dari diri sendiri. Berubahlah menjadi lebih baik, langkah pertama memang susah meskipun itu hanya sebuah langkah kecil. Namun, langkah kecil itu adalah awal kita untuk memulai langkah besar dalam hidup kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar