Halaman

Jumat, 27 Juni 2014

Motivation Letter

disini saya akan berbagi kepada teman teman semua tentang contoh motivation letter yang saya buat untuk memenuhi syarat dalam LKMM TD XXIX Himatektro FTI ITS, selamat menikmati, jangan lupa tinggalkan komentar ya :D

pada umumnya motivation letter memiliki susunan sebagai berikut:
1. perkenalkan diri dan latar belakang
2. kelebihan diri kita,
(silahkan dijelaskan kelebihan teman-teman, karena disini adalah bagian dimana teman-teman menjelaskan apa yang ada di dalam diri dan alasan kenapa penyelenggara kegiatan harus menerima kita, tapi jangan terlalu menjual diri)
3. apa yang ingin kamu lakukan setelah mengikuti kegiatan itu

langsung aja ya ini contohnya ^_^

MOTIVATION LETTER

Nama saya Fathan Nur Hakim, sekarang saya kuliah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya Jurusan Teknik Elektro semester II. Saya ingin mengikuti kegiatan Latihan Kemandirian dan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM TD) karena saya ingin bisa dan mampu mengatur diri sendiri dengan kegiatan organisasi maupun kegiatan non akademik lainnya. Selain itu saya juga ingin menambah kemampuan softskill saya dalam berorganisasi dan berkomunikasi seperti berbicara di depan umum maupun berbicara sebuah forum diskusi.
Sebagai mahasiswa, kegiatan akademik dan perkuliahan memang harus saya utamakan, namun saya tidak ingin menghabiskan sebagian besar waktu saya untuk kegiatan akademik saja dan menjadi mahasiswa yang Study oriented. Saya juga ingin melatih kemampuan saya dalam berorganisasi melalui pelatihan dan seminar yang diadakan di jurusan Teknik Elektro, ITS maupun di luar ITS dan bergabung dalam kepanitiaan pada beberapa kegiatan. Beberapa kepanitiaan yang sudah saya ikuti adalah menjadi panitia di Lustrum 6 Racana Putra Putri Sepuluh Nopember Pramuka ITS, ESTRA (Electrical Engineerring Softskill Training) 2014, Guest Lecture ‘AVIONICS’ 2014, Donor Darah UK Pramuka ITS, PJ Intergrated Roadshow ITS (IRITS) 2014 untuk daerah Bojonegoro dan saat ini sudah diterima menjadi panitia dalam kegiatan Ramadhan Di Kampus (RDK) 35 yang diadakan oleh JMMI ITS.
Semasa SMA saya juga aktif dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan menjabat sebagai Ketua Sie Keagamaan periode 2011-2012 dan juga aktif di kegiatan Forum Sedekah Berjamaah (FSB) Bojonegoro. Saya sangat tertarik di bidang organisasi karena dengan berorganisasi kita akan mendapatkan banyak teman dan mengenal banyak orang dengan sikap dan latar belakang yang berbeda-beda, dengan begitu kita harus bisa menyesuaikan kondisi kita dengan orang-orang tersebut. Alasan lain kenapa saya senang di bidang organisasi karena di organisasi kita akan lebih banyak beraksi daripada hanya membaca teori. Kita bisa mempraktikkan semua kemampuan softskill kita, mulai dari mencari sponsor, mencari dan melobby pembicara, hingga mengkoordinasikan tugas antar sie. Dengan kegiatan organisasi kita juga menjadi terbiasa untuk membuat rencana dalam hidup kita. Kita akan terbiasa untuk membuat target yang akan kita capai dalam kurun waktu tertentu, kita juga harus memiliki rencana cadangan ataupun Plan B jika ternyata kita mendapati sebuah halangan. Dengan begitu saya bisa mengatur jadwal keseharian saya dengan lebih disiplin dan lebih teratur.
Oleh karena itulah saya ingin mengikuti kegiatan LKMM TD ini agar saya semakin bisa mengatur kegiatan organisasi dan juga memanajemen waktu dengan baik, karena sebagai mahasiswa, tidak bisa dipungkiri lagi kegiatan akademik dan non akademik yang kita jalani semasa kuliah akan mempersulit kita dalam mengatur jadwal sehari-hari kita. Setelah mengikuti pelatihan LKMM TD ini saya berharap bisa mengaplikasikan ilmu yang saya dapat di LKMM TD ini dalam keorganisasian di jurusan Teknik Elektro seperti dalam kegiatan Electrical Engineerring Event (EE Event) dan ELECTRA serta kegiatan yang diadakan himpunan, maupun di ITS seperti dalam kegiatan ITS EXPO dan TEDxITS serta kegiatan yang diadakan BEM FTI maupun BEM ITS. Saya juga ingin membagikan ilmu yang saya dapat kepada teman-teman saya, baik teman-teman di jurusan Teknik Elektro, di UK Pramuka ITS maupun teman-teman di UKM Maritime Challenge, sehingga ilmu yang saya dapat di LKMM TD ini bisa meningkatkan kualitas diri saya menjadi lebih dan bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar saya, baik dalam lingkup jurusan, UKM, maupun dalam kegiatan keorganisasian yang lain yang akan saya ikuti berikutnya

5 komentar:

  1. thankyou atas sharingnya, saya senang membacanya. kebetulan saya mahasiswa baru semester 2 saat membaca ini. keep it good:)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Terima kasih sudah membaca, semoga bisa memberikan manfaat :)

    BalasHapus
  4. terimakasih postingannya, sangat membantu

    BalasHapus